Rabu, 03 Maret 2010

Kampanye Nasional Sadar Wisata dengan Sapta Pesona dikampanyekan....

1. Sadar Wisata
Sebelum kita mampu melaksanakan pesan kampanye Nasional Sadar wisata ini, diperlukan pemahaman terhadap apa yang disebut dengan "Sadar Wisata".
Anda mungkin sudah sering mendengarnya,tetapi apakah anda memahami makna yang sebenarnya? Apasih "Sadar Wisata" itu?
Sebagai masyarakat yang mendukung program ini maka kita sangat perlu memahami bahwa: harapan yang diemban dari kampanye sadar wisata ini adalah terciptanya suatu kondisi kepariwisataan Indonesia yang diinginkan (ideal) di tengah tengah masyarakat melalui penerapan unsur unsur Sapta Pesona secara konsekuen dan konsisten atas dasar kesadaran yang tumbuh dari dalam diri sendiri. Lalu apa itu yang disebut dengan Sapta Pesona??
2. Sapta Pesona.
Mari kita lihat dulu apa itu "Sapta" dan apa itu "Pesona" dalam dunia pariwisata. Pada dasarnya Sapta Pesona ini dipahami sebagai 7 unsur yang terkandung didalam setiap produk Pariwisata serta dipergunakan sebagai tolak ukur peningkatan kualitas produk pariwisata. Anda masih ingat akan 7 unsur itu?? Ya ke 7 unsur produk pariwisata ini adalah:
A. Aman
B. Tertib
C. Bersih
D. Sejuk
E. Indah
F. Ramah
G. Kenangan
Lalu apa sih yang dimaksud produk pariwisata itu? Mari kita simak bersama.

...To be cont....

3.Apa itu "Nilai Filosofis Kepariwisataan Indonesia"??

4. Ilustrasi Sadar Wisata melalui abstraksi "Pohon Pariwisata"
Anda mungkin pernah menanam sebatang pohon Duren ?? Dan kemudian setelah beberapa hari anda memberinya pupuk lalu menyiramnya. Beberapa tahun Pohon Duren itu berbung dan menghasilkan buah yang banyak, besar manies dan legit buahnya pada akhirnya kita dapat menikmati buah Duren tersebut. Nah, apabila pariwisata hendak kita gambarkan seperti pohon Duren tersebut,maka posisi Sadar wisata akan berada pada bagian yang paling bawah dari Pohon Duren tersebut, yakni pada bagian akar. Jadi kesimpulanya??
To be cont...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar